Sebanyak 5.773 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Tahun 2022

Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022, Rabu (3/8/2022), yang dilaksanakan secara hybrid. Untuk Pelaksanaan PKKMB tahun ini diikuti sebanyak 5.773 mahasiswa baru, dengan rincian PKKMB yang hadir secara luring 750 mahasiswa baru yang diselenggarakan di GOR 27 September UNMUL, sedangkan secara daring diikuti 5.023 mahasiswa baru.

“Walaupun kegiatan seperti ini adalah kegiatan rutin tapi saya memaknai bahwa PKKMB tahun 2022 adalah yang paling istimewa. Paling tidak ada 3 alasan, pertama Anda secara resmi diterima dan dikenalkan seluruh aktivitas kampus disaat orang seluruh bahagia dan gembira karena bertepatan di Bulan Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan yang kedua kenapa istimewa, karena hari ini dan bulan ini juga adalah tahun penanggalan baru secara Islam yaitu tahun baru Hijriyah yaitu Bulan Muharram, berpindahnya kehidupan baru kita. Termasuk anak-anakku sekalian, dari siswa menjadi mahasiswa. Dan yang ketiga adalah sejak pandemi tahun 2020, baru kali ini kita menerima mahasiswa secara offline melebihi kapasitas yang selama ini kita lakukan 2 tahun terakhir, ungkap Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si.

Menurut Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNMUL itu, tiga pendekatan itulah yang mendorong anak-anakku sekalian, tentu juga kita mengharap menjadi mahasiswa UNMUL yang paling istimewa. Oleh karena itu, harapan menjadi tujuan kita, maka banyak faktor anak-anakku sekalian harus paham dan mengerti supaya bisa menjadi mahasiswa istimewa dan terbaik.

UNMUL tahun ini, lanjut Prof. Masjaya, Insya Allah di tanggal 27 September 2022 akan genap berusia 60 tahun. “Tentu perjalanan sejarahnya Panjang sekali. Saya akan sampaikan sejak saya jadi Rektor saja supaya tidak salah informasinya. Sejak saya menjadi Rektor dari tahun 2014, Alhamdulillah di tahun 2017 UNMUL secara institusi memperoleh pengakuan dari BAN PT, yaitu akreditasi A pertama di Kalimantan dan kedua di Indonesia Timur. Sebagai bentuk motivasi bahwa Anda diterima disuatu perguruan tinggi yang tentu pada saat ini menjadi perguruan tinggi terbaik di Kalimantan, peringkat 34 se-Indonesia,” tegas Prof. Masjaya yang juga saat ini menjadi Tim Transisi IKN.  

Setelah memberikan sambutan, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si juga melakukan penyematan Almamater secara simbolis kepada mahasiswa baru yang didampingi Para Wakil Rektor, Dekan dan Anggota Senat lainnya. Dengan dilakukannya penyematan Almamater UNMUL kepada mahasiswa baru maka sudah menjadi bagian dari Keluarga Besar UNMUL. (hms/zul/unmul.ac.id)

Category
Tags

Comments are closed