Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional (LI) Universitas Mulawarman (UNMUL) melanjutkan agenda kegiatan Internasional Summer School (ISS). Pada hari Sabtu hingga Minggu (23-24/7/2022) para peserta Internasional Summer School diajak ke Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) dan Hutan Mangrove ke Kota Balikpapan serta ke Bukit Bangkirai di Kutai Kartanegara.

“Sengaja kami membawa para peserta ISS ini untuk memperkenalkan sumber daya alam yang tersedia di Kalimantan Timur (Kaltim) bahwa KWPLH, Hutan Mangrove dan Bukit Bangkirai. Selain itu, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga alam dan disini juga merupakan hutan tropis lembap yang memang sangat penting dalam alam ini. Kami mengharapkan kepada para peserta ISS untuk selalu menjaga serta merawat kelestarian alam kemudian disini juga memperkenalkan jenis-jenis kayu yang dapat bermanfaat juga buat manusia,” tutur Dr. Rahmat Gunawan, M.Si., selaku PIC dalam kegiatan Internasional Summer School (ISS) Program Tahun 2022 ini.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam itu menambahkan, para peserta dibawa mengelilingi KWPLH, Hutan Mangrove dan Bukit Bangkirai untuk memperkenalkan kepada peserta mengenai Pola Ilmiah Pokok (PIP) UNMUL yaitu, pusat unggulan studi tropis. “Jadi pada saat para peserta pulang ke Negara masing-masing, mereka akan bercerita kepada khalayak mereka sendiri bahwa di UNMUL dan Kalimantan memiliki hutan yang sangat bermanfaat. Bukan hanya bermanfaat untuk Indonesia tetapi seluruh dunia karena Kalimantan ini merupakan salah satu dari dua paru-paru dunia yaitu Hutan Amazon dan Hutan Kalimantan,” tegas Dr. Rahmat.

Dr. Rahmat juga mengharapkan semoga agenda ISS ini rutin atau setahun sekali bisa terlaksana. “Kegiatan ISS Program Tahun 2022  ini merupakan kali kedua UPT LI menyelenggarakannya sebelumnya tahun 2019. Apabila kondisi dunia normal tidak ada pandemi lagi maka kegiatan ini akan rutin dilaksanakan,” harap Dr. Rahmat.

Sementara itu, peserta ISS dari Universitas Nottingham, Bui Tuan Anh menyampaikan bahwa sangat menyenangkan berada dalam program ISS yang diselenggarakan oleh UNMUL. “Saya merasa ini adalah program yang informatif tentang studi tropis dan segala kultur tentang Indonesia dan saya akan senang sekali jika punya kesempatan untuk datang kesini lagi tahun depan.  Sejauh ini, saya sudah memiliki pengalaman selama dalam program (saat) ini adalah perjalanan kami ke Balikpapan, dan saya sangat merasa senang,” ungkap pria yang disapa dengan nama Austin. (hms/zul)